Sekarang pilih cita-cita profesi harus ada strateginya cuy, kalo ga ada strategi kemungkinan lu bakalan hidup susah. Karena hidup di Indonesia makin kesini bakalan makin susah cuy!

Sebelum lanjut, coba deh lu tanya ke diri sendiri:

  • Sudahkah lu punya cita-cita mau berprofesi apa?
  • Sudahkah cari tau profesi itu ngapain aja kerjaannya?
  • Sudahkah cari tau keseharian profesi itu ngapain?
  • Sudahkah cari tau apa saja yang hal yang paling buat stres di profesi itu?
  • Sudahkah cari tau skill-skill apa aja yang WAJIB BANGET dimiliki profesi itu?
  • Sudahkah cari tau pendidikan apa aja yang perlu dilewati untuk mengejar profesi itu? Bila sudah, apakah sudah cari tau biayanya berapa?
  • Apakah profesi itu sesuai dengan minat lu? ato cuma karena gara-gara berpenghasilan besar?

1. PDKT dengan Cita-Cita Lu!

Tujuan pertanyaan diatas sebenernya sederhana sih, hanya menekankan untuk: mencari tau SEGALA HAL tentang profesi yang pengen lu cita-citakan, sebelum lu jadikan itu sebuah cita-cita!

Lu kalo pacaran tanpa PDKT gimana sih? pasti ngerasa ada yang kurang kan? dan akhirnya lu nyesel jadian ma pacar elu. Terus putus, Pffffffttt~

Kalo udah berprofesi, dan akhirnya ga betah, hidup elu ga akan semudah itu ferguso...

2. Apakah Perlu Kuliah? Kalo Perlu, Berapa Biayanya?

Note: Kalo lu anak orang kaya, lu ga usah baca tips 2 ini, lu cukup andelin aja tuh duit bokap nyokap elu. Kalo di game lu tuh udah kaya pake cheat max money 9999999999.

Kalo lu miskin atau pas-pasan ini adalah sebuah BLOCKER paling besar dalam mengejar cita-cita. Gua saranin di 3 tahun sebelum masa-masa lu udah mulai masuk kuliah, lu udah mikirin tentang ini dan lu cari solusi bagaimana planingnya, misal cari beasiswa kek?

Kuliah sekarang mahal cuy, lu ga kasian ke ortu elu?

3. Percayalah, Lu Bisa Kok Berkarir Bagus Tanpa Harus Kuliah

Kalo lu dalam kondisi yang tidak memungkinkan bisa kuliah, atau elu ga cukup pintar tuk dapetin beasiswa? lu harus mulai perkuat kemampuan teknis elu.

Coba deh lu cari tau bakat elu apa, kalo bingung, lu bisa tanya ke ortu, sodara atau teman. Tanya ke mereka lu sebenernya bagus dalam hal apa? kalo misal emang ga punya bakat, cobalah tuk bangun satu kemampuan teknis, sembari cari profesi yang cocok dengan kemampuan teknis yang lu pelajari.

Setelah itu, lu bisa cari kerja lepas kecil kecilan (Freelance) tuk membangun Portofolio, banyak banget profesi yang memakai kemampuan teknis yang lebih mengacu pada pengalaman dan portofolio

Contoh kasus:

  • sekarang profesi gua di bidang IT.
  • sekarang gw ngejabat sebagai Engineering Manager.
  • dulu pas masih SMA, rezeki (dalam bentuk uang) gua pas-pasan, ortu gua penghasilannya dari jualan es jus.
  • gua mulai belajar pemograman otodidak.
  • setelah lulus SMA, orang lain pada sibuk kuliah.
  • tapi kalo gua sibuk freelance.
  • setelah orang lain wisuda, mereka punya ijazah.
  • tapi kalo gua punya pengalaman+portfolio.
  • pertama kali gw ngelamar kerja, gw sama sekali gak ngandelin ijazah.
  • dan di waktu itu juga, gua tetep diterima kok, sebagai junior web developer hanya dengan modal pengalaman dan portfolio freelance gua.

Akhir Kata

Menjadi penyanyi adalah cita-cita cita citata yang sudah lama cita citata cita-citakan.