Hal-Hal baru di suasana kantor adalah hal yang paling ajib untuk membuat kita berkembang dalam berkarier dan juga ini langkah awal untuk keluar dari zona nyaman.

Selalu ada cara baru yang lebih baik untuk melakukan sesuatu. - Thomas Alva Edison

Kenapa Hal Baru?

Banyak banget orang di dunia ini terjebak dengan yang namanya "zona nyaman" alias terjebak dengan pekerjaan yang menyenangkan, mudah, dan gitu-gitu aja, yang membuat enggan untuk melakukan atau menerima sesuatu yang baru. Padahal bila kita sering ketemu hal baru itu bisa jadi hal yang positif loh, mengapa begitu? let's cekidot:

1.  Hal Baru Itu Menarik

Ini seperti kalo kita beli smartphone baru, pasti menarik kan? dan pastinya dalam 1-2 hari bakalan focus dioprek tuh smartphone. Ini sama halnya dengan pekerjaan, menemukan sesuatu yang baru harusnya bikin semangat sih. ketertarikan pada hal baru mencegah kita terjebak pada rutinitas, stagnasi. Kita juga bakalan terbiasa untuk menjadi lebih dinamis loh.

2. Hal Baru Itu Tantangan

Biasanya kalo ada hal baru di pekerjaan, pasti kebanyakan dari kita menganggap itu ada masalah, padahal di sisi lain itu bisa jadi kesempatan kita untuk membuat sebuah kemajuan. Intinya ini tergantung dari respons kita terhadap hal baru tersebut. Kalo elu orang yang pintar, harusnya elu bisa memanfaatkan hal baru dengan efektif.

3. Hal Baru Itu Menakjubkan

Perhatikanlah keunikan dari hal-hal baru, dan pahamilah perbedaannya dari hal-hal yang lama. Niscaya elu bakalan menemukan sesuatu yang menakjubkan. Sayangnya masih banyak yang menanggapi hal baru dengan skeptis seolah-olah sudah memahaminya dengan sangat sempurna, padahal aslinya mah dia lagi enjoy di zona nyaman ppfffftt~.

4. Hal Baru itu Beda

Walaupun tidak semua hal baru itu berbeda dari hal lama, tapi disaat kita menjalaninya pasti akan ada perbedaan yang terasa. Perbedaan yang muncul adalah sebuah kemajuan, karena dengan adanya perbedaan kita otomatis akan nambah pengalaman juga toh?


Macam-Macam Hal Baru

Di dunia karier hal baru itu ada banyak macemnya, tapi terkadang kita kaga ngeh kalo itu adalah hal baru yang harus dihadapi. Berikut beberapa contoh kecilnya:

1.  Orang-Orang Baru

Orang-orang baru mungkin bisa jadi mitra kerja baru, atasan baru, bawahan baru, atau bahkan saingan baru. Orang-orang baru tersebut mungkin bisa ngaruh banget ke cerita hidup kita. Dan perlu diingat juga ya! elu juga sering jadi orang baru untuk pihak lainnya.

2. Keterampilan Baru

Nahhhh, kalo ini sih wajib banget untuk dikuasai. Punya keterampilan baru menandakan kita itu berkembang. Dan pastinya keterampilan baru itu harus relevan dengan bidang karier dijalani, biar ga keluar jalur coy.

3. Pengalaman Baru

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Punya banyak pengalaman berarti guru terbaik elu ada banyak dong? Hal-hal baru itu bisa jadi sesuatu yang baik atau bisa juga jadi sesuatu yang buruk. Dan perlu dicatat cuy! pengalaman buruk adalah guru yang paling hebat di kehidupan kita. Jadi elu ga usah menyesal berlebihan bila ngalamin hal buruk.

4. Perspektif Baru

Seiring berjalannya waktu, perspektif seseorang pasti bisa berubah. Dengan perspektif baru, kita bakalan punya sudut pandang yang lebih luas cuy. Ini bisa buat elu lebih bijak banget dalam membuat berbagai keputusan saat menghadapi suatu masalah.

5. Kesempatan Baru

Terkadang disaat orang-orang dihadapkan dengan suatu kesempatan yang baru, biasanya mereka justru malah melihatnya sebagai "masalah baru" pppffffffttt. Walaupun memang itu suatu masalah, kalo elu pintar elu harusnya memandang itu adalah sebuah kesempatan baru.

6. Masalah Baru

Ini masih nyambung yang di nomor 5 cuy, Meski masalah adalah hal yang negatif, kita juga ga mungkin dong menghindari masalah itu sepenuhnya. Intinya Kita perlu memandang masalah baru sebagai tantangan yang memungkinkan kita membuat kemajuan.

7. Solusi Baru

Setelah dapet masalah baru pastinya elu berkesempatan untuk membuat solusi yang baru. Kalo elu bisa nemu solusi yang baru berarti elu udah ada perkembangan besar di hidup elu coy!

8. Target Baru

Sama atasan dikasih target baru yang lebih berat? jangan langsung lemes cuy, karena kemungkinan atasan elu tau elu berkompeten dan berkembang dari target yang sebelumnya.

Akhir Kata

Intinya kalo elu ga melakukan sesuatu yang baru, artinya lu belum bisa dikatakan berkembang